Domain .co, akankan jadi alternatif pilihan utama para pembeli domain

Written By Phuad Cahyono on 2 Mar 2011 | 19.36

Domain .co sudah lama dirilis, sekitar bulan juli 2010 domain ini sudah dibuka agar bisa dibeli publik. Antusiasme para pemburu domain pun sangat besar, tidak sampai 3 minggu domain ini sudah laku hampir ratusan ribu jumlahnya. Hingga pada saat itu, ketika saya searching domain dengan satu keyword untuk domain .co, sudah sulit dan banyak yang teregistrasi. Alhasil teliti satu persatu nemu juga satu domain yang menurut saya bagus dengan 2 keyword dan hasil pencarian keywordnya banyak dicari.


Domain .co sebetulnya adalah domain untuk negara Kolombia, namun entah kenapa banyak para domainer sangat antusias memburu domain ini. Begitupula situs www.godaddy.com sepertinya memang mendorong penjualan domain ini besar-besaran, padahal harganya cukup mahal yaitu $29.99 per tahun. Ini juga dibuktikan keseriusan godaddy memasang domain .co tepat dibawah .com pada menu dropdown nya. Bahkan beberapa minggu yang lalu pernah domain .co disimpan diatas domain .com.

Memang banyak para domainer yang berargumen bahwa domain .co lebih singkat dari domain .com sehingga nilainya bisa jadi lebih tinggi karena mudah diingat. Ada juga yang berkata bahwa domain co adalah singkatan yang sangat cocok untuk company, karena di luar negeri sana perusahaan-perusahaan kadang diembel-embeli oleh akhiran belakang co, ya contohnya bread.co bener ngga hehe..?

Namun, sampai kapan harga domain .co ini tetap tinggi, dan bagaimana juga dengan search engine google yang selalu mengarahkan extension domain sesuai dengan negara asal visitor? Umpamanya domain co.uk akan lebih mudah mendatangkan visitor dari orang inggris. Ini juga telah saya buktikan sendiri dengan coba membeli domain co.uk dan domain co.uk banyak mendatangkan visitor dari Inggris. Artinya apakah domain .co ini lebih diutamakan untuk visitor Kolombia oleh google?

Dibalik keraguan-keraguan akan memegang domain .co yang cukup mahal (harganya bisa untuk membeli 4 domain .com, atau membeli 15 domain .info). Nampaknya tetap selalu saja ada domain premium seperti halnya langkah SEDO yang untuk pertama kali ini sekarang mengumpulkan domain premium .co untuk dilelang. Bagaimana kelanjutan prospek domain co ini??

0 komentar:

Follow by Email

Pengikut